Selain memiliki skill dan bakat  perusahaan juga akan selalu mengedepankan attitude baik  para pekerjanya, betapa pentingnya attitude dapat membantu mendorong kemajuan suatu perusahaan. Pada dasarnya attitude adalah sebuah bentuk perilaku, sikap, atau tingkah laku kita dalam berinteraksi terhadap orang lain. Hal ini juga dapat kita lihat dalam bentuk evaluasi apakah menguntungkan atau tidak dalam diri seseorang.

    Penelitian menunjukkan bahwa 80% kesuksesan didasarkan pada EQ (Kemampuan seseorang dalam mengelola dan menerima emosinya), sedangkan kita hanya membutuhkan 20% untuk IQ (taraf kecerdasaan intelektual). Hal ini membuktikan bahwa kecerdasan EQ atau empati lebih  mendominasi dalam dunia bekerja dan didukung dengan kecerdasan IQ yang menyangkut skill dan bakat.

    Apakah kecerdasan EQ dapat dirubah menjadi lebih baik? Jawabanya ya bisa karena hal ini bukanlah nilai mutlak bawaan dari lahir hal ini bisa dirubah seiring bertambah dewasa dan kesadaran diri sendiri. Perusahaan juga lebih membutuhkan pekerja yang jujur dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas yang perusahaan berikan, dibandingkan dengan pekerja yang berkinerja baik tetapi memiliki attitude yang buruk.

    Attitude dapat kita pelajari dan dilatih secara terus menerus agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik dalam berinteraksi dengan orang lain atau timnya, berikut ini adalah beberapa attitude yang harus kita miliki dan terus kita terapkan:

1. Berkomitmen terhadap pekerjaan

2. Bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan

3. Menghargai rekan kerja

4. Menghargai waktu

5. Menerima kritik dan masukan

6. Berperilaku sopan santun

    Attitude lebih penting dari hard skill, semua pekerja pastinya juga membutuhkan beberapa hard skill jika belum memadai kita pasti akan terus belajar dan berlatih untuk mendapatkan ilmu hard skill dalam menyelesaikan pekerjaan. Pastinya kita membutuhkan rekan kerja yang lebih paham untuk menjadi pelatih dalam proses berlatih kita, maka dari itu dibutuhkannya attitude yang baik agar mudah beradaptasi dengan lingkungan kerjanya juga membuat rekan kerjaya senang dan merasa dihargai, pekerja juga membutuhkan skill komunikasi yang baik bertujuan untuk menambah kekompakan para pekerja agar semua pekerjaan menjadi efekif dan produktivitas perusahaan semakin meningkat.


    Berikut ini adalah keuntungan keuntungan yang dapat kita ambil jika memperbaiki diri menjadi pribadi dengan attitude yang baik:

1. Membantu kita mudah diterima di lingkungan baru

Dengan mempunyai sikap yang baik, ramah, tidak pelit ilmu saat dimintai rekan kerja yang lainya untuk membantu mengajarinya, dapat memudahkan kita beradaptasi dan diterima di tempat baru

2. Membuat pekerjaan sulit terasa mudah 

Terkadang kita perlu memerlukan bantuan orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan yang sulit, jika kita memiliki attitude yang baik orang lain tidak akan segan dan ragu  untuk memberi pertolongan.

3. Membantu perkembangan karir

Selain personalisasi diri berkembang mempunyai attitude baik juga membantu perkembangan karir perusahaan untuk semakin gampang mendapatkan client dan kepercayaannya terhadap perusahaan kita.

4. Menjadi sosok yang gampang diandalkan

Dengan sikap bertanggung jawab dan konsisten yang kita miliki dapat menaruh kepercayaan bos terhadap diri kita untuk memberi amanan pekerjaan kepada kta.

    Di atas adalah beberapa contoh keuntungan yang akan kita dapatkan jika memiliki sikap yang baik, namun diantara itu semua ada hal yang paling dasar untuk memiliki attitude yang baik, yaitu salam, sapa, senyum. Kita juga harus bisa mengucapkan maaf dan terimakasih dengan siapa saja hal ini memang sangatlah mudah tetapi tidak semua orang bisa melakukannya.